Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bandara Syamsudin Noor

Bandara Internasional Syamsudin Noor merupakan salah satu bandara dan terbesar yang ada di Kalimantan Selatan. Seperti yang telah di singgung di atas selain Bandara Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan juga memiliki bandara lainnya seperti Bandara Bersujud di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Bandara Gusti Sjamsir Alam yang terletak di Kabupaten Kotabaru Pulau Laut, dan Bandara Warukin yang terletak di Tanjung Kabupaten Tabalong.

Kecuali Bandara Warukin, ketiga bandara di atas saat ini berstatus aktif dalam melayani penerbangan antar kota yang beroperasi secara rutin. Namun kali ini kita hanya membahas mengenai bandara Syamsudin Noor saja.

Bandara Syamsudin Noor
Ruang Lobby Bandara Syamsudin Noor (sumber)

Bandara Internasional Syamsudin Noor (kode: BDJ) terletak di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau sekitar 30 KM dari pusat kota Banjarmasin dan sekitar 10 KM jika di tempuh dari pusat Kota Banjarbaru. Bandara Syamsudin Noor memiliki luas area 257 hektare dan mulai beroperasi untuk penerbangan umum pada tahun 1975. 

Jauh sebelumnya sekitar tahun 1936 bandara ini telah digunakan untuk keperluan militer maupun untuk penerbangan khusus. Saat itu bandara tersebut masih bernama Lapangan Terbang Ulin sebelum akhirnya berubah menjadi Bandara Syamsudin Noor mulai tahun 1975.

Sebelumnya bandara Syamsudin Noor menempati terminal lama yang terletak di jalan Angkasa sampai tahun 2019 silam. Baru pada akhir tahun 2019 bandara Syamsudin Noor menempati terminal baru seluas 77.569 m² dimana terminal penumpang tersebut dapat menampung 7.000.000 penumpang pertahun. Selain memiliki terminal baru, bandara Syamsudin Noor juga memperluas apron atau tempat parkir pesawat hingga dapat menampung 14 pesawat. Hingga saat ini semua kegiatan penerbangan maupun cargo sudah dilakukan di terminal baru tersebut.

Beberapa rute penerbangan langsung yang dilayani dari dan ke bandara Internasional Syamsudin Noor adalah sebagai berikut:

  • Bandara Syamsudin Noor - Bandara Soekarno Hatta Banten
  • Bandara Syamsudin Noor - Bandara Juanda Surabaya
  • Bandara Syamsudin Noor - Bandara A.Yani Semarang
  • Bandara Syamsudin Noor - Bandara Sepinggan Balikpapan
  • Bandara Syamsudin Noor - Bandara Yogyakarta Baru
  • Bandara Syamsudin Noor - Bandara Muara Teweh
  • Bandara Syamsudin Noor - Bandara Bersujud Batulicin
  • Bandara Syamsudin Noor - Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru
  • Bandara Syamsudin Noor - Bandara Hasanuddin Makassar
  • dan beberapa penerbangan transit lainnya.
Selain penerbangan domestik, Bandara Syamsudin Noor juga melayani penerbangan Internasional. Namun saat ini penerbangan Internasional yang dilayani dari dan ke Bandara Syamsudin Noor baru sebatas penerbangan untuk haji yaitu penerbangan langsung ke Jeddah.

Nah bagi anda yang memerlukan perjalanan darat dari ke Bandara Syamsudin Noor tujuan Batulicin, Kotabaru, Palangka Raya, dan beberapa kota lainnya di area Kalimantan Selatan maupun Kalimantan Timur bisa menggunakan transportasi yang disediakan BATRAV.


Bandara Syamsudin Noor
Sumber

BATRAV (Batulicin Travel) merupakan agen jasa travel yang melayani perjalanan travel baik reguler maupun carteran ke beberapa kota di area Kalimantan termasuk dari dan ke Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Adapun rute perjalanan BATULICIN TRAVEL dari ke Bandara Syamsudin Noor adalah sebagai berikut:

  • Travel Bandara Syamsudin Noor - Batulicin (via Asam-asam dan Satui)
  • Travel Bandara Syamsudin Noor - Satui Sungai Danau dan Angsana
  • Travel Bandara Syamsudin Noor - Pagatan
  • Travel Bandara Syamsudin Noor - Kotabaru Pulau Laut
  • Travel Bandara Syamsudin Noor - Palangka Raya (via Kapuas)
  • Travel Bandara Syamsudin Noor - Kuala Kapuas
  • Travel Bandara Syamsudin Noor - Balikpapan (via Tanjung Tabalong)
Armada yang digunakan dalam layanan tersebut yaitu Avanza, Cayla, Ertiga, dan sejenisnya.

Informasi lebih lanjut mengenai layanan travel dari BATRAV tersebut baik info waktu keberangkatan ataupun tarif, dapat langsung menghubungi BATRAV 085215151544.

Ayo tunggu apalagi, hubungi BATRAV 085215151544 sekarang juga.

BATRAV "Batulicin Travel Solutions"

Posting Komentar untuk "Mengenal Bandara Syamsudin Noor"